Klasifikasi berat badan bbl

Parameter ini berupa berbagai macam cirri fisik dan meliputi lemen-elemen seperti perubahan lipatan telapak kaki dan perubahan bentuk serta kekakuan daun telinga. Masa tubuh 1. Cirri cirri fisik dan nilai nilai dalam pemeriksaan Dubowitz tampak pada table.

Tunggu sedikitnya 6 jam setelah lahir sebelum memandikan bayi lebih lama jika bayi mengalami asfiksia atau hipotermi 2. Faktor lingkungan meliputi tempat tinggal, radiasi, dan zat- zat beracun. Glabela Ketukan halus pada glabela bagian dahi antara 2 alis mata menyebabkan mata menutup dengan rapat.

Kokain adalah suatu stimulant system saraf pusat SSP dan menghambat konduksi saraf perifer. Reflek — Reflek Fisiologis 1. Reflek — Reflek Fisiologis 1. Rooting Menyentuh dan menekan dagu sepanjang sisi mulut akan menyebabkan bayi membalikkan kepala kearah sisi tersebut dan mulai menghisap, harus hilang pada usia kira — kira 3 -4 bulan d.

Berat badan lahir rendah BBLR terdapat 2 penyebab kelahiran bayi dengan berat badan kurang dari gram, yaitu karena umur kehamilan kurang dari 37 minggu, berat badan lebih rendah dari semestinya, sekalipun umur kehamilan cukup atau kombinasi keduanya. Startle Suara keras yang tiba — tiba menyebabkan abduksi lengan dengan fleksi siku tangan tetap tergenggam 3.

Glabela Ketukan halus pada glabela bagian dahi antara 2 alis mata menyebabkan mata menutup dengan rapat. Dengan demikian perawatan dan pengawasan bayi prematuritas sebaiknya secara khusus dan terisolasi dengan baik. Lakukan simpul kunci atau jepitankan secara mantap klem tali pusat tertentu.

Anjurkan ibu untuk memeluk dan menyusui bayinya Pelukan ibu pada tubuh bayi dapat menjaga kehangatan tubuh dan mencegah kehilangan panas.

Hematokrit Ht: Bayi dapat diletakkan bersentuhan kulit dengan ibu dan diselimuti dengan baik 9. Untuk menghindari ketergantungan pada informasi ibu, telah dikembangkan beberapa metode untuk memperkirakan umur kehamilan secara klinis berdasarkan status perkembangan saraf bayi baru lahir.

Demikin pula dengan timbangan, pita pengukur, termometer, stetoskop. Bayi Sakit Apabila bayi dapat minum per oral dan tidak memerlukan cairan IV, berikan minum seperti pada bayi sehat.

Pada prosedur ini penggunaan criteria neurologis tidak tergantung pada keadaan bayi yang tenang dan beristirahat sehingga dapat lebih diandalkan selama beberapa jam pertama kehidupan. Reflek morrow atau gerak memeluk bila dikagetkan sudah baik Tindakan medik a.

Muntah Stimulasi terhadap faring posterior oleh makanan, hisapan atau masuknya selang harus menyebabkan bayi mengalami reflek muntah, reflek ini harus menetap sepanjang hidup. Bila tidak memungkinkan, biarkan ibu berkunjung setiap saat dan siapkan kamar untuk menyusui.

Jakarta Modul Asuhan Persalinan Normal. Radiasi Kehilangan panas yang terjadi karena bayi ditempatkan di dekat benda — benda yang mempunyai suhu tubuh lebih rendah dari suhu tubuh bayi, karena benda — benda tersebut menyerap radiasi panas tubuh bayi walaupun tidak bersentuhan secara langsung Mencegah kehilangan panas Cegah terjadinya kehilangan panas melalui upaya berikut: Faktor kehamilan.

Kuku agak panjang dan lemas Muntah Stimulasi terhadap faring posterior oleh makanan, hisapan atau masuknya selang harus menyebabkan bayi mengalami reflek muntah, reflek ini harus menetap sepanjang hidup.

Penanganan Bayi Berat Badan Lahir Rendah (BBLR)

Pada bayi kecil untuk masa kehamilan alat-alat dalam tubuh lebih berkembang di bandingkan dengan bayi premature berat nadan sama, karena hal itu akan mudah hidup di luar rahim, namun tetap lebih peka terhadap infeksi dan hipotermi di bandingkan matur dengan berat badan normal.

Keringkan bayi dengan seksama Mengeringkan dengan cara menyeka tubuh bayi, juga merupakan rangsangan taktil untuk membantu bayi memulai pernapasannya.

Selain itu bayi yang deperesi, asfiksia, mengalami kerusakan neurologis atau berada dalam keadaan sakit, sulit diperiksa secara akurat kapan saja penilaian dilakukan. Rambut lanugo tidak terlihat, rambut kepala biasanya telah sempurna 9.

Penentuan umur kehamilan secara akurat mungkin sulit dilakukan. Reflek graps atau menggenggan sudah baik Hal ini karena bayi mengalami gangguan pertumbuhan dalam kandungan dan merupakan bayi yang kecil untuk masa kehamilannya KMK.Berat badan bayi dapat dinilai dari selisih berat bayi pada saat berpakaian/diselimuti dikurangi dengan berat pakaian/selimut.

Bayi sebaiknya dimandikan sedikitnya enam (^) jam setelah lahir. Bayi sebaiknya dimandikan sedikitnya enam (^) jam setelah lahir. Menurut Manuaba () sejak tahun WHO mengganti istilah premature dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) karena disadari tidak semua bayi dengan berat badan kurang dari gram pada waktu lahir bukan bayi premature, selanjutnya menurut Pantiawati (), BBLR adalah bayi dengan berat badan lahir kurang dari gram sedangkan menurut.

Klasifikasi Data Berat Bayi Lahir Menggunakan Weighted Probabilistic Neural Network (WPNN) (Studi Kasus di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). Klasifikasi berat badan bayi baru lahir dapat dibedakan atas (Prawirohardjo, ): a.

Bayi dengan berat badan normal, yaitu > gram. b.

Bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR), yaitu antara gram – gram. c. Bayi dengan berat badan sangat rendah (BBLSR), dimana berat lahirnya adalah gram d. Bayi dengan berat lahir ekstrem rendah (BBLER), dimana berat lahirnya adalah.

Istilah prematuritas telah diganti dengan berat badan lahir rendah (BBLR) karena terdapat dua bentuk penyebab kelahiran bayi dengan berat badan kurang dari gr, yaitu karena umur hamil kurang dari 37 minggu, berat badan lebih rendah dari semestinya, sekalipun.

Berat badan lahir rendah (BBLR) terdapat 2 penyebab kelahiran bayi dengan berat badan kurang dari gram, yaitu karena umur kehamilan kurang dari 37 minggu, berat badan lebih rendah dari semestinya, sekalipun umur kehamilan cukup atau kombinasi ancientmarinerslooe.com: @Rfi.

Klasifikasi berat badan bbl
Rated 5/5 based on 60 review