Obesitas menyebabkan diabetes gestasional

Resistansi insulin merupakan suatu mekanisme penghematan glukosa yang memastikan suplai glukosa yang berlimpah untuk janin.

Pada saat yang sama, penggunaan glukosa oleh janin meningkat, sehingga menurunkan kadar glukosa ibu. Sebagian besar DMG asimtomatis sehingga diagnosis ditentukan secara kebetulan pada saat pemeriksaan rutin.

Kelahiran prematur, untuk menghindari risiko komplikasi yang lebih serius Keguguran. Glukosuria dua kali berturut-turut c. Selain itu terjadi juga hiperinsulinemia sehingga janin juga mengalami gangguan metabolik seperti ; hipomagnesemia, hipokalsemia, hiperbilirubinemia, dan sebagainya.

Kebutuhan kalori adalah jumlah keseluruhan kalori yang diperhitungkan dari: Berbagai mutasi yang menyebabkan DM telah dapat diidentifikasi. Diabetes terjadi selama bumil dikenal istilah diabetes gestasional.

Secara klinis, penyakit DM awalnya didominasi oleh resistensi insulin yang disertai defect fungsi sekresi. Penanganan persalinan tetap harus berdasarkan kepada indikasi ibu dan janin, sama halnya dengan pengelolaan perempuan hamil tanpa diabetes. Kematian pembuluh darah ke uterus dan plesenta sehingga meningkatkan insufisiensi uteroplasma, yang mengakibatkan IUGR dan efek-efek lain.

Bila hasilnya belum dapat memastikan diagnosis DM, dapat diikuti dengan test toleransi glukosa oral. Pemeriksaan penyaring dapat dilakukan dengan pemeriksaan glukosa darah sewaktu dan 2 jam post prandial pp.

Terapi insulin dapat menurunkan kejadian makrosimia janin dan morbilitas perinatal. Segala jenis residu obat yang terakumulasi dalam waktu yang lama dapat mengiritasi pankreas.

Pada sejumlah besar wanita juga ditemukan hipertensi dan preeklamsi. Glukosa dapat berdifusi secara tetap melalui plasenta kepada janin sehingga kadarnya dalam darah janin hampir menyerupai kadar darah ibu.

Pregestasional diabetes, yaitu diabetes mulai sejak sebelum hamil dan berlanjut setelah hamil. Pusing, mual dan muntah d.Diabetes gestasional t erjadi pada minggu ke 24 sampai ke 28 pada masa kehamilan.

Apa itu diabetes gestasional?

Walaupun diabetes pada masa kehamilan termasuk salah satu factor resiko terkena diabetes tipe II. Kondisi ini adalah kondisi sementara dimana kadar gula darah akan kembali normal setelah melahirkan.

Faktor Penyebab Penyakit Diabetes Melitus

· 1. Obesitas. Obesitas adalah agen utama dan faktor penyebab diabetes gestasional.

Lemak sub kutan dan visceral pada tubuh ibu calon hamil dengan obesitas, akan menghasilkan hormon adipositokin yang melawan kerja insulin. Di tambah lagi dengan kebiasaan ibu hamil, yang mengalami masa makan besar dan banyak karena menghidupi 2 tubuh.5/5(1).

Pada wanita hamil, diabetes gestasional menyebabkan wanita berisiko tinggi mengalami preeklampsia, kelahiran prematur, dan keguguran. Bahkan, kondisi ini juga bisa membuat ibu berisiko lebih tinggi untuk melahirkan dengan cara operasi caesar karena biasanya ukuran bayi lebih besar dari normal.

Faktor Risiko Penyebab Diabetes Gestasional

Diabetes melitus sendiri merupakan penyakit dimana tubuh tidak bisa mengontrol kadar gula dalam darah akibat resisten terhadap hormon insulin sehingga dula darah melonjak drastis dan bisa menyebabkan tubuh menjadi rusak serta komplikasi yang ditimbulkannya pun bisa lebih parah lagi.

Makalah ini merupakan salah satu tugas yang di berikan kepada kami dalam rangka pengembangan dasar ilmu keperawatan medikal bedah yang berkaitan dengan diabetes gestasional.

Diabetes gestasional adalah diabetes yang muncul pada masa kehamilan, dan hanya berlangsung hingga proses melahirkan. Kondisi ini dapat terjadi di usia kehamilan berapa pun, namun lazimnya berlangsung di minggu ke sampai ke kehamilan.

Obesitas menyebabkan diabetes gestasional
Rated 5/5 based on 62 review