Patofisiologi terjadinya obesitas pdf

Linolenat banyak terdapat pada minyak kacang kedelai. Tikus menjadi obes karena adanya mutasi dari paling sedikit 5 gen yang telah berhasil diidentifikasi: Di Provinsi Punjab India, prevalensi BB berlebih dan obesitas lebih tinggi pada wanita perkotaan dibandingkan wanita pedesaan.

Tipe android buah apel Tipe android biasanya dialami oleh pria atau wanita yang sudah menopause henti haihPenumpukan lemak terjadi pada bagian tubuh atas, sekitar dada, pundak, leher dan muka. Dari jaringan lemak putih White Adipose Tissue terjadi pelepasan leptin dan resistin yang menurunkan nafsu makan.

Redinger RN. Kegagalan sel-sel lemak mengirimkan sinyal yang adekuat atau kegagalan otak merespons sinyal yang sesuai dapat menyebabkan obesitas. Terdapat korelasi yang sangat baik antara IMT dan prosentase lemak tubuh, dimana prosentase lemak tubuh dapat diperhitungkan dengan menggunakan rumus: Leptin kemudianmerangsang anorexigenic center di hipotalamus agar menurunkan produksi Neuro Peptide— Y NPYsehingga terjadi penurunan nafsu makan.

PATOFISIOLOGI OBESITAS

Sensor terhadap simpanan energi didalam jaringan adiposa b. Sebaliknya obestatin bekerja sebagai hormon anoreksigenik sehingga dapat mencegah penambahan berat badan. Ghrelin mengatur aksis hormon hipofisis, metabolisme karbohidrat dan berbagai fungsi yang berbeda dari ginjal, jantung, jaringan adiposa, pankreas dan gonad.

Penelitian yang dilakukan menemukan bahwa pengontrolan nafsu makan dan tingkat kekenyangan seseorang diatur oleh mekanisme neural dan humoral neurohumoral yang dipengaruhi oleh genetiknutrisilingkungandan sinyal psikologis.

Williams Textbook of Endocrinology, 12 th ed. Vitamin C dapat meningkatkan laju kolesterol yang dibuang dalam bentuk asam empedu, dan berfungsi sebagai pencahar sehingga asam empedu akan dibuang bersama feces dan akhirnya menurunkan penyerapan asam empedu yang akan diubah menjadi kolesterol.

Pengaturankeseimbangan energi diperankan oleh hipotalamus melalui 3 proses fisiologis, yaitu: Pembentukan leptin mengalami peningkatan akibat pengaruh glukokortikoid, estrogen serta insulin dan menurun karena pengaruh a-adrenergic agonist. Kadar gula darah apabila naik dan berlangsung lama maka akan memicu terjadinya aterosklerosis pada arterikoroner dan akan meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida.

Dislipidemia remnan. Semoga Bermanfaat. Sejumlah informasi telah tersedia tentang gen, peptida, neurotransmiter dan reseptor di hipothalamus serta area disekitarnya yang mengatur nafsu makan dan berat badan. Proses dalam pengaturan penyimpanan energi ini terjadi melalui sinyal-sinyal eferen yang berpusat di hipotalamus setelah mendapatkan sinyal aferen dari perifer jaringan adipose, usus dan jaringan otot.

Pada individu yang obes, lebih banyak kalori dikonsumsi daripada yang dikeluarkan. Akhir-akhir ini telah pula ditemukan sejenis virus yang menyertai terjadinya obesitas.

patofisiologi obesitas

Apabila asupan energi melebihi dari yang dibutuhkan, maka jaringan adiposameningkat disertai dengan peningkatan kadar leptin dalam peredaran darah.

· patofisiologi obesitas Definisi: Obesitas adalah deposisi lemak yang berlebih di dalam jaringan lemak sebagai akibat dari makan yang banyak melebihi keperluan pemakaian energi. Terjadinya obesitas lebih ditentukan oleh terlalu banyaknya makan, terlalu sedikitnya aktivitas atau latihan fisik, maupun keduanya (Misnadierly, ).

Dengan demikian tiap orang perlu memperhatikan banyaknya masukan makanan (disesuaikan dengan kebutuhan tenaga sehari-hari) dan aktivitas fisik yang dilakukan. Perhatian lebih besar mengenai kedua hal ini terutama diperlukan bagi mereka yang.

Patofisiologi dan Diagnosis Obesitas Alwi Shahab Bagian Penyakit Dalam FK Unsri/RSMH Palembang I. Pendahuluan Obesitas didefinisikan sebagai suatu keadaan ketidakseimbangan antara asupan dan pengeluaran kalori sehingga menyebabkan kelebihan akumulasi lemak didalam tubuh.

Patofisiologi Obesitas Dengan Dislipidemia Sebagian besar pasien hiperkolesterolemia sebelumnya mempunya iriwayat familial (riwayat penyakit kolesterol di keluarga), namun penyebabnya masih belum diketahui, Namun biasanya faktor risiko dislipidemia yang paling utama adalah disebabkan kelebihan berat badan dan pola makan.

patofisiologi obesitas Nurul Widdad Pada bayi (infant),penumpukan lemak terjadi akibat pemberian makanan pendamping ASI yang terlalu dini,terutama apabila makanan tersebut memiliki kandungan karbohidrat, lemak, dan protein yangtinggi.

Obesitas (Kegemukan)

· Bagaimana menurunkan atau menaikkan berat badan ideal, tanpa olah raga dan tanpa diet ketat? Ikutilah program smart detox, program ini dilakukan selama 10 ha Author: cara menurunkan berat badan.

Patofisiologi terjadinya obesitas pdf
Rated 4/5 based on 93 review