Penjelasan karbohidrat

Beberapa monosakarida yang penting,yaitu: Oksidasi asam lemak juga melalui lintasan akhir yang dilalui karbohidrat, yaitu siklus krebs.

Oligosakarida Oligosakarida terdiri atas polimer dua hingga sepuluh monosakarida. Contoh makanan yang sangat kaya akan serat selulosa ialah buah-buahan segar, sayur-sayuran, dan biji-bijian.

Ada beberapa jaringan tubuh seperti sistem syaraf dan eritrosit hanya dapat menggunakan energi yang berasal dari karbohidrat saja. Asam lemak yang dibuat oleh tubuh disebut asam lemak nonesensial, sedangkan asam lemak yang diperoleh dari makanan disebut asam lemak esensial Penjelasan karbohidrat fungsi lemak sebagai berikut: Hal ini merujuk ke banyaknya struktur helix-aa atau lembaran berlipatan-B setempat yang berhubungan dengan struktur protein secara keseluruhan.

Pengertian Karbohidrat, Fungsi Karbohidrat, dan Sumber Karbohidrat

Kebutuhan tubuh akan energi merupakan prioritas pertama, bila karbohidrat yang dikonsumsi tidak mencukupi untuk kebutuhan energi tubuh dan jika tidak cukup terdapat lemak di dalam makanan atau cadangan lemak yang disimpan di dalam tubuh, maka protein akan menggantikan fungsi karbohidrat sebagai penghasil energi.

Karbohidrat yang berasal dari makanan, dalam tubuh mengalami perubahan atau metabolisme. Pada perototan berat molekulnya kurang lebih 1.

Jumlahnya sangat kecil, sehingga tidak penting sebagai sumber energi. Yang merupakan molekul polisakarida yang terkecil adalah zat yang terdiri atas 30 — 90 monosakarida. Klasifikasi karbohidrat 1. Pada hewan berfungsi juga sebagai penegak, missal kitin pada insekta udang dan kepiting.

Beberapa sakarida ,yaitu: Walaupun lemak menghasilkan enersi lebih besar, namun karbohidrat lebih banyak di konsumsi sehari-hari sebagai bahan makanan pokok, terutama pada negara sedang berkembang.

Untuk dapat menghasilkan energiasam lemak akan mengalami oksidasi yang terjadi didalm mitokondria, sedangkan gliserol dirombak secara glikolisis. Fungsinya sebagai substansi penunjang pada insekta dan crustacae kepiting. Pada tumbuh-tumbuhan, karbohidrat di bentuk dari basil reaksi CO2 dan H2O melalui proses foto sintese di dalam sel-sel tumbuh-tumbuhan yang mengandung hijau daun klorofil.

Sukrosa juga terdapat di dalam buah, sayuran, dan madu. Akan tetapi sebagian besar karbohidrat diperoleh dari bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari, terutama sumber bahan makan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Serat yang tidak larut dalam air adalah selulosa, hemiselulosa, dan lignin.

Dari kompleksitas strukturnya karbohidrat dibedakan menjadi karbohidarat sederhana monosakarida dan disakarida dan karbohidrat dengan struktur yang kompleks polisakarida. Katabolisme Karbohidrat Struktur karbohidrat Karbohidrat merupakan sumber energi uatama dan sumber serat utama.

Dengan jalan hidrolisis sempurna, stakiosa menghasilkan 2 molekul galaktosa, 1 molekul glukosa dan 1 molekul fruktosa.

Amilosa merupakan rantai panjang unit glukosa yang tidak bercabang, sedangkan amilopektin adfalah polimer yang susunannya bercabang-cabang dengan unit glukosa pada tiap cabang.

Contoh ketosa yaitu fruktosa. Karbohidrat mempunyai peranan yang penting dalam kehidupan manusia, antara lain adalah sebagai sumber tenaga dan penghasil panas tubuh.

Agar-agar, Merupakan sebuah polisakarida yang terdiri atas galaktosa dan asam sulfat. Mudah larut dalam campuran kalium klorat dan asam nitrat Schulz.

PENGERTIAN KARBOHIDRAT, KLASIFIKASI KARBOHIDRAT DAN METABOLISME KARBOHIDRAT

Kitin murni mirip seperti kulit, tetapi akan mengeras ketika dilapisi kalsium karbonat. Selulosa bersifat seperti serabut, liat, tidak larut di dalam air, dan ditemukan terutama pada tangkai, batang, dahan, dan semua bagian berkayu dari jaringan tumbuhan. Bila sukrosa sakarosa atau gula tebu.

Sel-sel tubuh tersebut menyerap glukosa dan mengambil tenaga yang tersimpan di dalam molekul tersebut pada proses respirasi seluler untuk menjalankan sel-sel tubuh.

Pada proses fotosintesis, tetumbuhan hijau mengubah karbon dioksida menjadi karbohidrat. Bahan makanan sumber karbohidrat ini misalnya padi-padian atau serealia gandum penjelasan karbohidrat berasumbi-umbian kentang, singkong, ubi jalardan gula.

Peran karbohidrat sebagai cadangan energi Beberapa jenis polisakarida berfungsi sebagai materi simpanan atau cadangan, yang nantinya akan dihidrolisis untuk menyediakan gula bagi sel ketika diperlukan. Contoh katabolisme adalah respirasi sel, yaitu proses penguraian bahan makanan yang bertujuan menghasilkan energi.

Dinding sel ini membentuk suatu kulit kaku dan berpori membungkus sel yang memberi perlindungan fisik bagi membran sel yang lunak dan sitoplasma di dalam sel.

Karbohidrat memiliki berbagai fungsi dalam tubuh makhluk hidup, terutama sebagai bahan bakar misalnya glukosa, cadangan makanan misalnya pati pada tumbuhan dan glikogen pada hewan, dan materi pembangun misalnya selulosa pada tumbuhan, kitin pada hewan dan jamur.

Dua pertiga bagian dari glikogen disimpan dalam otot dan selebihnya dalam hati. Konsumsi lebih dari lima puluh gram sehari dapat menyebabkan diare pada pasien diabetes.

Pengertian Karbohidrat. Diposting oleh.Penjelasan Tentang Katabolisme - Katabolisme merupakan reaksi pemecahan atau penguraian senyawa kompleks (organik) menjadi sederhana (anorganik) yang menghasilkan energi.

27/11/ · E Learning Metabolisme Karbohidrat oleh ancientmarinerslooe.com Hajar,ancientmarinerslooe.com,ancientmarinerslooe.com(Oph),SpM BAGIAN BIOKIMIA / MATA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA. Karbohidrat tersusun atas unsur-unsur C, H, dan O yang dibentuk dalam proses fotosintesis oleh tumbuhan berhijau daun.

Golongan karbohidrat antara lain: gula, tepung, dan selulosa. Menurut ukuran molekul, karbohidrat dibedakan menjadi beberapa golongan sebagai berikut.

Berikut Penjelasan Singkat langkah-langkah dalam metabolisme karbohidrat 1. GLIKOLISIS yaitu: dimana glukosa dimetabolisme menjadi piruvat (aerob) menghasilkan energi (8 ATP)atau laktat (anerob)menghasilkan (2 ATP).

Itulah pengertian karbohidrat, fungsi karbohidrat, dan sumber karbohidrat. Karbohidrat sangatlah dibutuhkan oleh tubuh kita. Seimbangkan asupan karbohidrat, jangan terlalu berlebihan karena dapat mengakibatkan obesitas atau kegemukan dan jangan kekurangan. 18/10/ · Dukung kami dengan tidak mendownload videonya dan hanya menyaksikannya di youtube.

Dapatkan dalam bentuk DVD keterangan lebih lanjut hub.

Penjelasan karbohidrat
Rated 0/5 based on 32 review